Pengertian Memory Di Dalam Komputer

Pengertian Memory Di Dalam Komputer

Memahami pengertian Memory secara umum akan merupakan bahasan yang amat panjang, sehingga kurang tepat jika di-kupas sebagai artikel-blog. Oleh karena itu saya akan membatasi bahasan ini hanya dalam pengertian bahwa “Memory” adalah sebagai bagian utama (komponen) di dalam sistem komputer.

Jenis Memory

  • Memori Utama/Primer (Primary/Main Memory) : istilah ini digunakan untuk penyimpanan data (informasi) dalam sistem yang memerlukan akses sangat cepat , sayangnya kapasitas simpan-nya kecil saja (mis. RAM).
  • Memori Sekunder (Secondary Memory) : adalah perangkat fisik untuk penyimpanan program dan data yang berkecepatan akses lambat, tetapi memiliki kapasitas simpan yang lebih besar (mis. Hard-disk/HDD).
  • Virtual Memory : adalah Memori Primer yang tersimpan di dalam Memori Sekunder, atau juga disebut Virtual Memory, mis. Page_File  [C:/page-file.sys].
  • Eksternal Memory :  yang sering juga digunakan (sebagai storage) pada komputer dan terpisah dari Memory sekunder, misalnya HDD Eksternal, Flashdisk, magnetic-tape, magnetik-disk (floppy diskette) dan cakram optik (CD/DVDROM-disk).
RAM – Volatile Memory.

Sifat Memory

  • Volatile memory (volatile storage) : Memori Volatile, juga dikenal sebagai volatile storage, adalah memori komputer yang membutuhkan daya listrik untuk menjaga informasi yang tersimpan di dalamnya, dengan kata lain perlu daya listrik agar informasi tetap tersimpan. Memori volatile mempertahankan informasi/data selama catu daya aktif, tetapi ketika catu daya di-matikan atau terputus, informasi/data yang tersimpan akan hilang, contohnya : DRAM dan SRAM (lebih dikenal dengan nama RAM).
  • Non-volatile memory, (non-volatile storage – NVM) : Memori Non-volatile, non-volatile memori, NVM atau non-volatile storage adalah memori komputer yang tetap dapat menyimpan/menjaga informasi/data yang ada di dalamnya meski tidak tersedia daya listrik. Contoh memori non-volatile adalah Read Only Memori (ROM), flash memory, RAM feroelektrik (F-RAM), sebagian besar jenis magnetic-storage dalam komputer (mis. hard disk, disket, dan pita magnetik), flashdisk, optical disk, dll.

0 Response to "Pengertian Memory Di Dalam Komputer"

Posting Komentar