Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer dan Jenisnya

Apa itu software? Elemen dari sistem komputer terdiri dari hardware (perangkat keras), brainware (pengguna), dan software (perangkat lunak) untuk melakukan input, proses, dan output. Dari ketiga elemen tersebut, software merupakan komponen yang tidak dapat dilihat secara fisik.

A. Apa itu Software?

Pengertian software adalah istilah umum untuk berbagai program yang berisi intruksi-intruksi terkait mengoperasikan komputer atau perangkat keras terkait. Software dalam bahasa Indonesia disebut juga perangkat lunak, karena software secara fisik tidak dapat dilihat namun dapat dioperasikan.
Software dapat disimpan di berbagai komponen perangkat keras (hardware). Software dapat disimpan dan dioperasikan secara manual oleh pengguna pada media penyimpanan seperti hardisk, ssd, dan dvd. Beberapa software disimpan di dalam hardware secara permanen yang disebut firmware. Firmware merupakan program kecil dengan intruksi dasar dari sebuah hardware yang biasanya dibuat dengan bahasa pemrograman mesin.

B. Jenis Software berdasarkan Fungsinya

Di dunia digital banyak terdapat jenis-jenis software yang dikembangkan untuk melakukan tujuan tertentu. Secara fundamental, software dibagi berdasarkan fungsinya yaitu system software, application software dan malicious software.
  1. System Software

    System Software Foto
    Foto: Microsoft
    System software adalah software yang dibuat untuk melakukan intruksi-intruksi terkait managamen sistem komputer. Contoh system software adalah Sistem Operasi (Windows, MacOS, dll) dan Disk Operating System (DOS).
    • Sistem Operasi
      Sistem operasi adalah software yang melakukan intruksi-intruksi dasar terkait managemen software lainnya dan managemen perangkat keras. Contoh: Windows, MacOS, dan Linux.
    • Driver
      Driver adalah software yang berfungsi sebagai perangkat komunikasi antara Sistem Operasi dan Hardware.

    • Utilities
      Utilities adalah software yang berfungsi untuk melakukan intruksi-intruksi terkait pemeliharan dan perbaikan suatu hardware dan software lainnya. Misalnya: Low Level Format dan Anti-Virus.
  2. Application Software

    Microsoft Office
    Foto: Microsoft
    Application software adalah software yang dibuat untuk melakukan intruksi-intruksi terkait pemenuhan kebutuhan pengguna (brainware). Misalnya pemenuhan kebutuhan untuk memutar media (Windows Media Player), membuat dokumen (Microsoft Office), dan edit foto (Adobe Photoshop).
  3. Malicious Software

    Malicius software adalah software yang dibuat untuk melakukan intruksi-intruksi terkait merusak sistem komputer atau penyadapan informasi pengguna, misalnya akun pribadi dan rekening bank. Beberapa contoh malware adalah virus komputer dan program phising (penipuan).

C. Jenis Software berdasarkan Distribusinya

Software atau perangkat lunak biasanya dibuat oleh suatu perusahaan tertentu untuk memberikan suatu pelayanan terkait pemenuhan kebutuhan pengguna. Berikut jenis software yang dibedakan berdasarkan cara mendistribusikannya,
  1. Shareware atau Trialware

    Shareware adalah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembangan untuk tujuan tertentu terkait pemasaran suatu software. Shareware biasanya mempunyai fitur yang terbatas dari versi lain yang diproduksi oleh pengembang. Dalam kasus ini shareware kebanyakan berada dalam versi uji coba (trial) dan lite. Dalam versi trial, pengguna diberikan batasan waktu untuk menggunakan shareware.
    Contohnya: Internet Dwonload Manager.
  2. Commercial Software

    Commercial software adalah jenis software yang didistribusikan secara berbayar untuk mendapatkan paket installasinya dan menggunakan lisensi spesifik terhadap masing-masing komputer atau akun pengguna. Commercial software mempunyai dukungan lembaga hukum terkait kebijakan distribusi software secara ilegal oleh pengguna.
    Contohnya: Microsoft Office, Corel Draw, dan MATLAB.
  3. Freeware atau Free Software

    Freeware adalah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Freeware menyediakan versi penuh kepada pengguna. Freeware tidak memerlukan lisensi khusus untuk digunakan.
    Contohnya: Google Chrome dan Mozila Firefox
  4. Firmware

    Firmware adalah software yang mengarah pada sebuah program yang menyediakan intruksi-intruksi dasar yang dapat dilakukan oleh suatu perangkat keras (hardware). Firmware diditribusikan secara gratis dan dilakukan pembaharuan secara berkala saat terjadi bug. Firmware yang tersimpan pada ROM tidak dapat dilakukan pembaharuan sedangkan firmware yang tersimpan pada EPROM dapat dilakukan pembaharuan.
    Contoh: Firmware Arduino.
  5. Open Source Software

    Open source software atau perangkat lunak kode terbuka adalah jenis software yang kode sumbernya (source code) didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Berbeda dengan freeware yang didapatkan secara gratis namun tetap mempunyai ikatan hukum untuk tidak mendistribusikan ulang atau plagiat. Open source software dapat didistribusikan ulang dan dimodifikasi secara bebas oleh pengguna secara gratis maupun komersial tanpa lisensi khusus. Open source software biasanya dikembangkan oleh suatu perusahaan dengan dukungan kontribusi oleh komunitas atau organisasi tertentu.
    Contoh: WordPress dan Linux.

Sekian artikel Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer.

0 Response to "Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer dan Jenisnya"

Posting Komentar